Libur panjang telah usai dan semua siswa-siswi siap menjalankan rutinitas  dan tanggung jawabnya  untuk belajar kembali ke sekolah (Back to school) setelah menikmati libur panjang  kenaikan kelas. Kesibukan di hari pertama masuk sekolah benar-benar terlihat di sepanjang jalan menuju sekolah yang nampak padat dan terjadi peningkatan jumlah kendaraan, karena orang tua ingin melihat dan mengantarkan putera-puterinya sampai di sekolah pada hari pertama masuk sekolah. Tingkat kesibukan dimulai di rumah dimana orang tua dengan segala kesiapannya  mempersiapkan putera puterinya untuk sekolah dan pihak sekolah dengan segala daya dan kemampuannya untuk menerima siswa-siswi yang telah terdaftar di sekolah. Sebenarnya sudah menjadi hal yang biasa pada hari pertama masuk sekolah akan terjadi peningkatan aktivitas baik itu di rumah, di sepanjang jalan hingga sampai di sekolah. Diawali dengan persiapan baju seragam, alat tulis hingga kesiapan fisik dan mental dalam memasuki lingkungan sekolah yang benar-benar baru. Bagi siswa baru tentu saja akan menemui banyak hal-hal baru yang mungkin belum pernah ditemui pada sekolah sebelumnya.

Dalam upaya membantu para siswa baru tersebut dalam menyesuaikan diri maka setiap sekolah mengadakan rangkaian kegiatan berupa Masa Orientasi Siswa demikian juga dengan SMK Yadika 2 yang mengadakan MOS untuk siswa baru tahun ajaran 2009/2010  ini   selama tiga hari yaitu dimulai tanggal 13 s/d 15 Juli 2009 yang diawali dengan Upacara Pembukaan MOS yang dipimpin dan dibuka langsung oleh  Bapak Drs. Martin Sihaloho ( Kepala Sekolah SMK Yadika 2 ) dengan pemotongan pita dan pelepasan balon ke udara sebagai tanda dimulainya kegiatan masa orientasi siswa.  Kegiatan MOS itu  sendiri bertujuan membantu siswa-siswi baru dalam mengenal dan menyesuaikan diri di lingkungan sekolah baru. Selama MOS di sekolah SMK Yadika 2 para siswa-siswi  baru dibagi dalam berbagai gugus atau kelompok adapun  untuk tahun ini pembagian kelompok berdasarkan aliran jenis musik  seperti : POP, JAZZ, DANGDUT dan ROCK. Selama MOS para siswa baru dibekali dengan berbagai materi yang diberikan oleh para guru maupun OSIS dalam bentuk ceramah dan permainan sehingga paserta MOS  akan mudah membaur (beradaptasi) dan mengenal sekolah barunya.

Materi yang diberikan selama masa orientasi siswa antara lain mengenai pengenalan fisik sekolah, tata tertib, kurikulum, kegiatan belajar mengajar, ekstrakulikuler hingga motivasi belajar. Setiap akhir pelaksanaan kegiatan MOS akan diadakan  test materi MOS dan Test Penjurusan program keahlian untuk menentukan siswa masuk ke program keahlian akuntansi atau administrasi perkantoran yang ada di SMK Yadika 2. Untuk tahun ajaran 2009/2010 ini ada 6 kelas dimana komposisinya 3 kelas Program keahlian akuntansi dan 3 kelas program administrasi perkantoran. Diakhir kegiatan MOS diadakan upacara penutupan untuk menandakan selesainya rangkaian kegiatan MOS ini, Setelah kegiatan MOS ini berarti  para siswa baru sudah mengenal lebih dalam lagi tentang sekolah, sehingga  akan sangat membantu dalam mengetahui kurikulum, tata tertib dan bias memilih kegiatan ekstrakuliluler yang diinginkan. “SELAMAT DATANG SISWA SISWI BARU TAHUN AJARAN 2009/2010 DI SMK YADIKA 2 “

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 24 Agustus 2009 16:15 )